Keutamaan Menjenguk Orang yang Sakit

Advertisements
Hikmah, manfaat dan keutamaan menjenguk orang sakit
Ilustrasi : Membesuk/menjenguk orang yang sedang sakit

Keutamaan Menjenguk Orang yang Sakit

Ibnu Majah meriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., ia berkata: Rasulullah saw. bersabda : "Barangsiapa menjenguk orang sakit maka berserulah seorang penyeru dari langit (malaikat), 'Bagus engkau, bagus perjalananmu, dan engkau telah mempersiapkan tempat tinggal di dalam surga."

Dalam riwayata lain, Rasulullah SAW bersabda:

قَالَ: إِذاَ عاَدَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِي خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلىَّ عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ
Artinya :
Beliau (Rasulullah SAW) bersabda: "Jika seseorang berkunjung kepada saudaranya yang muslim (yang sedang menderita sakit), maka seakan-akan dia berjalan-jalan di syurga hingga duduk. Apabila sudah duduk, maka dituruni rahmat dengan deras. Apabila dia berkunjung di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo'akan-nya agar mendapat rahmat hingga sore hari. Apabila dia berkunjung di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo'akannya agar diberi rahmat hingga pagi hari". (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, lihat Shahih Ibnu Majah: 1/244 dan Shahih Tirmidzi: 1/286. Ahmad Syakir menyatakan bahwa hadits tersebut adalah shahih)

Dari hadits-hadits diatas, dapat kita simpulkan bahwa orang yang menjenguk atau membesuk orang sakit di pagi hari akan diturunkan 70.000 malaikat yang semuanya memohonkan ampun untuknya hingga sore hari, dan ia mendapat tempat tinggal di surga. Dan apabila orang yang membesuk atau menjenguk orang sakit di sore hari, maka akan diturunkan 70.000 malaikat yang semuanya meminta/memohonkan ampun untuknya hingga pagi hari. Sungguh suatu keutamaan yang sangat luar biasa dan sangat disayang sekali jika kita tidak pernah menengok saudara, kerabat dan/atau orang-orang yang sedang sakit.


Selain keutamaan tersebut, membesuk/menjenguk orang sakit juga memiliki manfaat yang luar biasa, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Menjenguk orang sakit berpotensi memberi perasaan dan kesan kepadanya bahwa ia diperhatikan orang-orang disekitarnya, dicintai, dan diharapkan segera sembuh dari sakitnya. Hal ini dapat menentramkan hati si sakit.
  • Menjenguk orang sakit dapat menumbuhkan semangat, motivasi, dan sugesti dari pasien; hal ini dapat menjadi kekuatan khusus dari dalam jiwanya untuk melawan sakit yang dialaminya. Dalam dirinya ada energi hebat untuk sembuh.
  • Mencari tahu apa yang diperlukan si sakit.
  • Mengambil pelajaran atau hikmah dari penderitaan yang dialami si sakit.
  • Mendoakan si Sakit
  • Melakukan ruqyah (membaca ayat-ayat tertentu dari Al Quran) yang syar’i.

Advertisements
Artikel yang terdapat dalam blog ini berasal dari berbagai sumber terpercaya klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di moslemfact.blogspot.com

Post Comment

0 comments :

Posting Komentar